Sunday, August 21, 2016

Cara Mengganti Cat Gitar Akustik Menggunakan Pilox

Sekedar berbagi saja ya, ini berdasarkan pengalaman saya mengecat gitar akustik pake pilox mulai dari googling dulu terus dicoba, gagal, coba lagi, gagal lagi coba lagi akhirnya bisa dan hasilnya lumayan bagus.

Oke hal yang pertama kita tentukan gitarnya akan di cat warna apa dan jadinya akan seperti apa, bagusnya sebelum mulai kerja, dibuat dulu preview gambar penampakannya di komputer, pake photoshop atau software image lain agar kita ada gambaran untuk ilustrasi warna dan motif akan seperti apa.

(Usahakan pake sarung tangan saat kerja)

1. Hilangkan warna cat dari gitar
Karena kita akan mengganti warna cat maka cat lama yang ada pada gitar mesti di hilangkan, caranya bisa dengan di kerok, di amplas, atau pake cairan (paint remover).

A. Kalo pake cara kerok, gunakan potongan pisau cutter yang agak tumpul, soalnya kalo terlalu tajam malah akan merusak bodi gitar jadi baret, kerjakan dengan hati2 dan teliti.

B. Pake amplas, cara ini memakan waktu agak lama dan sedikit kesabaran tap hasilnya lebih maksimal dan mulus karena cat kayu terkikis sedikit demi sedikit hingga terlihat warna dasar kayu dan pori pori nya. Gunakan amplas berukuran 200 dan 240.

C. Pake cairan paint remover, cairan ini bisa membuat cat menjadi terkelupas dan lunak dalam waktu 3-5 menit, namun hati hati dalam menggunakannya karena cairan ini sangat panas kalo kena tangan dan gosong kalo kena kayu secara langsung, silahkan pertimbangakan lagi kalo mau pake cara ini.

2. Amplas bodi gitar
Setelah bodi gitar bersih san clear dari cat yang lama, amplas bodi gitar nyampe keliatan pori pori kayunya, amplas pake ukuran 240 saja, jangan terlalu menekan saat mengamplas karena akan berakibat bodi gitar menjadi tidak rata.

3. Lapis dempul kayu
Bodi gitar dirasa sudah mulus, bersihkan dulu debu sisa dari amplas yang masih menempel pada bodi, setelah itu baru kita lapisi bodi pake dempul kayu hingga merata, jangan terlalu tebal..!!! Tipis tipis saja, terkecuali memang ada bagian bodi yang berlubang atau retak dan sebagainya, bisa di lapisi menggunakan wood filler (semacam dempul juga).

4. Amplas bodi yang sudah di dempul
Pastikan dulu kalo dempul sudah benar bemar kering, baru amplas lagi bodi. proses amplas yang ini harus benar benar super teliti karena ini akan menentukan kemulusan bodi gitar pada saat cat menyentuh bodi. Gunakan amplas ukuran 500 dan 1000, amplas ukuran 1000 digunakan terakhir setelah bodi benar benar rata.

5. Cat dasar
Akhirnya tiba saat pengecatan, biasanya ini yang di tunggu tunggu, sudah tidak sabar kan maen semprot semprotan..heeuuuuu
Kita mulai dari cat dasar dulu, cat dasar warna putih. Kok putih?? Iya putih karena warna putih akan mengangkat warna apa saja. Coba kita semprotkan cat warna biru ke media yang berwarna hijau atau hitam, apakah akan langsung berwarna biru?

Siapkan pilox warna putih, Kocok kocok dulu pilox nya santai saja kocoknya, di kocok kencang kencang juga ga bakalan keluar haaaa....
untuk mengecat dasar. Jangan terlalu nafsu untuk menyemprot ya, tipis tipis saja dulu, semprot lapisan pertama hingga rata dan tunggu 10 menit, lalu semprot lagi kira kira dirasa sudah cukup putih rata secara keseluruhan.

6. Cat utama (cat pengganti)
Sebelum menyemprotkan cat utama, pastikan lagi cat dasar sudah benar benar kering, lalu amplas pake ukuran 1000, kok di amplas lagi? Iya agar cat utama akan menempel kuat pada cat dasarnya.
Selanjutnya semprotkan cat utama, seperti biasa... Jangan terlalu nafsu, tipis tipis dulu bertahap hingga cat benar benar merata.
Setelah dirasa cukup merata tunggu cat hinggan benar benar kering kira kira 1-2 hari.

7. Finishing
Bagian terakhir pada proses mengecat adalah finishing, finishing pake pilox clear, pilox clear ini fungsinya untuk mengkilapkan cat utama, juga melindungi cat dari goresan goresan tangan nakalmu ketika bermain gitar heeeuuuuu...
Prosesnya sama seperti cat utama, tipis tipis bertahap nyampe tebal. Selesai cat clear tunggu nyampe benar benar kering.. Lalu polish bodi gitar pake cairan polish khusus gitar.

Note :
Butuh kesabaran yang ekstra untuk mengerjakan ganti cat gitar, karena prosesnya bertahap, kering baru semprot lagi, kalo langsung semprot banyak dan tebal akibatnya cat akan tidak rata.

Itu saja pengalaman saya sewaktu mengecat gitar, bagi yang akan menambahkan silahkan isi di kolom komentar.
Selamat berkreasi..!!!
Reaksi:

20 comments:

  1. thanks.. Informasinya sobat semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. cat dasar nya hingga kering apakah sm dengan cat utama? 1-2 hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cat dasar tipis2 aja, dua kali semprot dg jarak sekitar 2 atau 3 jam an, tunggu hingga bener2 kering sekitar 6 jam an, baru di amplas lalu bisa di semprot dg cat warna, tipis2 aja jgn langsung tebal..

      Delete
  3. Thanks y gan atas informasinya. Semoga dapat bermanfaat bagi orang banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sma2 gan.. Thanks jg udh manpir di artikel saya..

      Delete
  4. cairan polish itu apa mas....masih kurang paham....end dempol Itu gimna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Polish itu adalah bahan untuk mengkilapkan cat pada body gitar, mobil dan motor, berbentuk cairan, agan bisa cari polish yang khusus untuk cat gitar biasanya ada di toko3 spare parr gitar.. Cara menggunakannya di gosok perlahan pake kain tipis lalu di bersihkan lagi pake kain yg bersih.

      Dempul itu semacam cairan kental untuk menutupi pori2 kayu dan juga bisa untuk menambal permukaan kayu yang retak atau bolong.. Dempul kayu bisa agan cek di material bangunan atau toko kayu

      Delete
    2. Proses polish tu perlu diamplas dulu pake 1000grit baru di polish apa..soalnya pernah buat..sebelum polish gua amplas lg pake 1000 dgn sedikit air sabun..baru di polish justru lebih mengkilap seperti gitar baru keluar dari kedai..tapi bnyk kerja la jadinya ..

      Delete
    3. Ok thanks bgt masukannya..

      Biasanya proses polishing di amplas trus pake aer sabun atau cairan laen itu di gunakan pada body gitar elektrik, karena body gitar elektrik memang berbahan kayu padat.
      Berbeda dengan akustik yang permukaan bodynya memang harus benar2 kering dari air atau keringat, karena jika di amplas terlebih dahulu lalu di beri air sabun, di khawatirkan akan menyerap pada permukaan yang sudah di amplas pake yg 1000 grt td, bisa saja seperti itu tp kita pastikan lg apakah nanti nya berpengaruh pada suara gitrnya..
      Thanks gan udh kasih masukan..

      Delete
  5. Ok thanks bgt masukannya..

    Biasanya proses polishing di amplas trus pake aer sabun atau cairan laen itu di gunakan pada body gitar elektrik, karena body gitar elektrik memang berbahan kayu padat.
    Berbeda dengan akustik yang permukaan bodynya memang harus benar2 kering dari air atau keringat, karena jika di amplas terlebih dahulu lalu di beri air sabun, di khawatirkan akan menyerap pada permukaan yang sudah di amplas pake yg 1000 grt td, bisa saja seperti itu tp kita pastikan lg apakah nanti nya berpengaruh pada suara gitrnya..
    Thanks gan udh kasih masukan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya terima kasih kembali gan..sama2 kita berkongsi pengetahuan

      Delete
  6. Kalo ganti cat gitu ngerubah kualitas bunyi gitarnya ga kak
    Terimakasih

    ReplyDelete
  7. teknik ini bisa dipake di headstock gitar? gitar saya headstocknya udh mulai ngelupas mau ane repaint sendiri

    ReplyDelete
  8. Pilox clear itu kaya piloc biasa kan?

    ReplyDelete