Thursday, May 19, 2016

Voice Over (VO) Itu Apa Ya ???

Mungking sebagian pernah atau sering mendengar istilah Voice Over atau (VO), terutama orang yang menggeluti bidang audio, video,televisi dsb.

Sederhana saja, Voice Over adalah suara aktor atau talent pada suatu konten seperti video iklan, acara siaran televisi, drama, video presentasi, video tutorial dan audiobook. 
Contohnya cobalah tonton berita di televisi, tentu kita tidak akan begitu paham mengenai berita tersebut apabila hanya melihat video tanpa ada suara orang yang berbicara menjelaskan berita pada video itu, itulah voice over. Sama hal nya pada saat kita sedang melihat video tutorial atau presentasi.
Sebuah iklan Asuransi tidak begitu sukses dalam menyampaikan maksud dan tujuan pada iklan tersebut jika hanya meng-ilustrasikan melalui video dan musik tanpa voice over, penonton butuh suara, kata - kata, seruan, himbauan, atau pernyataan sehingga penonton akan mengerti dan termotivasi dari penyampaian pesan maksud dan tujuan dari iklan tersebut.
Seorang pengisi suara atau voice over talent harus benar - benar mengerti mengenai materi konten yang akan dia isi, sehingga dia akan menyesuaikan dari pengucapan dan nada kalimat nya.

Jadi itulah sedikit pembahasan tentang Voice Over.
Reaksi:

4 comments:

  1. Pengalaman VO jadi pembaca berita, wow .. walaupun hanya sebuah suara yg tampil, tapi gak pedenya ane kebangeten.. :D

    mendengar hasil suara rekaman sama asli ini lo kog kayak beda gtu yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau tnya dong caranya jd VO itu hrus punya pengalaman atau bakat apa yah? Dan klo lulusan SE bisa berpotensi buat jd VO ga?

      Delete
  2. Karena ga terbiasa :D , suara hasil rekaman terasa beda krna pengaruh dr kualitas mic dan mixing, akan cenderung terdengar lebih bagus dan jernih :) (y)

    ReplyDelete
  3. Perbanyak sharing sama org2 yg memang di bidang VO, sering2 mendengarkan vo iklan, radio dll, dg begitu akan banyak referensi dan membangun karakter pd diri sendiri, lulusan SE bisa saja jd VO, smua jurusan bisa saja karena VO itu adalah bagaimana cara kita menyampaikan suatu pesan agar dapat mudah di mengerti dari pengungkapan, intonasi pembawaan tekanan suara, seperti itu kira2

    ReplyDelete