Tuesday, May 17, 2016

Kenapa Penyanyi Solo Suka Di Iringi Musik Minus One (M-1)

Sebenarnya tidak semua penyanyi solo menggunakan musik Minus One , penyanyi populer seperti Agnes Monica, Raisa, Afgan jarang sekali menggunakan musik M-1 malahan hampir tidak sama sekali.

Ini lebih kepada penyanyi solo yang baru merintis dan masih melakukan promo promo lagu single nya melalui berbagai media seperti tv, radio dan event - event lainnya.

Secara teknis musik M-1 sangat simpel, si penyanyi di iringi dengan musik M-1 yang sudah balance dan Mix dari media player, sehingga tidak ribet dengan masalah routing pada sound system, dari segi budget tentu saja ini menguntungkan bagi penyanyi yang sedang gencar - gencarnya mengeluarkan budget untuk promo kesana kemari, biaya untuk membayar additional player tidak akan ada bila menggunakan musik M-1 dan juga jumlah kru yang tidak akan banyak. 1atau 5 buah musik M-1 saja bisa untuk beberapa event promo, bayangkan jika beberapa event tersebut menggunakan musik live, band pengiring, kru alat alat, berapa biaya yang harus dikeluarkan ?

Orang studio rekaman atau arranger biasanya yang diminta jasa untuk mengerjakan musik M-1 ini, dan harga nya tentu saja beragam tergantung kesepakatan masing - masing.
Kenapa M-1 harus di buat lagi jika lagu itu adalah lagu si penyanyinya sendiri ? Si penyanyi kan pasti punya Master lagu nya, kenapa tidak dari Master lagu nya saja yang di ambil suara vokalnya dan dijadikan M-1? Kenapa harus dibuat dari awal ?

Betul... Itu sangat bisa dilakukan, musik masternya menjadi M-1, namun terkadang untuk manggung di event - event tertentu, si penyanyi menyanyikan lagunya dengan versi musik yang berbeda, entah itu versi orkestra, rock, dangdut, pop, dance dsb disesuaikan dengan tema event . Dari situlah peran arranger studio untuk mengaransemen ulang musik sesuai dengan keinginan si penyanyi yang nanti nya akan dijadikan musik M-1.

Itulah sedikit informasi yang saya dapatkan dari teman - teman yang ada di industri musik.
Reaksi:

3 comments:

  1. Tapi banyak juga "penyanyi" yang hanya mengandalkan lipsync untuk promosi si tivi-tivi. Padahal, kalau pakai minus ONE ini khan keliatan kualitas vokalnya.

    *keliatan = kedengaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. dampak dari era musik digital.. usaha si vokalis jd tidak maksimal untuk mengolah kemampuan vokalnya... miris

      Delete
  2. Pantas genre musik berbeda Tpi model suara sama ya.

    ReplyDelete