Thursday, May 26, 2016

Inilah Alasan Kenapa Pada Setiap Speaker Atau Earphone Di Beri Tanda R dan L ...!!!

Sepertinya hampir semua orang pernah menggunakan earphone untuk mendengarkan musik, apalagi di jaman sekarang gadget sudah banyak dilengkapi dengan berbagai fitur fitur media player yang semakin canggih.

Disini saya akan membahas hal yang sederhana saja tentang tanda Right & Left (RL) pada speaker dan earphone, barangkali teman teman ada yang masih belum paham kenapa earphone diberi tanda R dan L?
Iya betul...!!! Agar tidak tertukar jadi di beri tanda 'R' untuk telinga kanan dan 'L' untuk telinga kiri.
Bagaimana jika tertukar???
Mari kita bahas...!!!!

Sebuah Musik/Lagu memiliki suatu dimensi, ruang, rasa dan panorama sehingga si pendengar musik akan ber-imajinasi yang bervariasi ketika mendengarkan sebuah musik/lagu.

Dalam proses rekaman sebuah musik terdapat istilah Pan (Panorama) yaitu penyebaran suara track instrument agar musik menjadi terdengar lebar dan jelas, kemana suara di sebar? Penyebaran suara ini sesuaikan dengan posisi letak instrument layaknya panggung konser.

Contoh : Katakanlah saya adalah seorang Arranger yang mengaransemen atau menata sebuah musik/lagu, pada proses aransemen musik saya akan ber-imajinasi mengenai sebuah panggung konser atau live musik, maka saya akan sebar suara gitar 1 ke bagian kiri (L) dan suara gitar 2 ke bagian kanan (R) dan suara vokal ke bagian tengah (Center) begitu juga dengan suara instrument instrument lainnya seperti drum, piano dll, akan saya sebar sesuai gambaran saya dalam sebuah panggung konser. Dengan begitu musik akan menjadi Stereo, lebar dan memiliki dimensi ruang.

Penyebaran suara R dan L ini sudah diperhitungkan oleh Arranger dan Sound Engineer dari sisi level/volume dan frekuensi tiap instrument serta seberapa aman dan nyaman bagi telinga si pendengar.

Tidak hanya pada musik, ini berlaku pada Video atau Film.
Coba anda perhatikan ketika menonton sebuah film di bioskop atau dvd movie, suara mobil dalam adegan balapan terdengar terasa sangat nyata ketika mobil disebelah kanan melintas ke kiri, suara nya pun ikut melintas dari kanan ke kiri, begitu terasa nyata bkn? Karena suara yang di sebar mengikuti pergerakan objek pada film tersebut sehingga terasa hidup.

Coba anda perhatikan lagi, dalam sebuah adegan film ketika dua orang sedang bercakap cakap dengan posisi yang saling berseberangan, si A dari sebelah kanan (R) dan si B dari sebelah kiri (L), suara si A tentunya akan berada di kanan dan begitu pun suara si B sesuai dengan posisi nya berada di kiri. Itulah mengapa pada setiap speaker atau earphone selalu diberi tanda R dan L.

Bagaimana jika tertukar??? Apa pengaruhnya jika speaker atau earphone dalam posisi terbalik?

Pengaruhnya jika anda sudah paham apa yang saya bahas tentang adegan film sebuah percakapan si A dan si B, tentu nya anda akan berkata " ini terbalik..." Tidak akan nyaman telinga anda ketika mendengar si A yang berada di kanan berbicara sementara suaranya berada di kiri, Apakah nyaman?

Tidak akan greget ketika anda menonton sebuah konser musik baik itu live atau DVD, pada saat gitaris dari sebelah kanan memainkan solo gitarnya sementara suaranya muncul dari sebelah kiri, apakah greget? Saya pribadi akan berkata "engga greget ...."

Jadi fungsi dari R dan L pada speaker atau earphone itu untuk menyesuaikan kenyamanan telinga anda pada saat mendengarkan musik, menonton film, konser musik dan sejenisnya.

Untuk selanjutnya, apakah anda akan melihat dulu tanda R dan L pada earphone sebelum dipasang ke telinga anda? :)

Jangan sampai tertukar...!!!
Reaksi:

6 comments:

  1. Lebih kerasa biasanya Beatnya kalau kita pakai sesuai fungsi kiri/ kanannya.

    Ane sendiri dulu gak terlalu peduli sama tulisa R sama L. Tapi oas dicoba berdasarkan inisial R untuk kanan dan L untuk kiri, ternyata lebih mantap.

    ReplyDelete
  2. Excellent, good blog om joe :D

    ReplyDelete
  3. sebenernya udah tau ada R/L di headset, tapi setelah cari di google fungsinya itu apa, eh ketemu disini.
    thanks pak

    ReplyDelete
  4. Maaf gan mau tanya, kalau lagu yg terdengar sebelah saja vocalnya cara memperbaikinya gimana yaa?

    ReplyDelete